Al-Wafi | Syarah Hadits Arbain An-Nawawi Penerbit Insan Kamil

Rp.109.000

Stok : 3

Merk : Lain-lain

Kategori : Buku Agama Islam

Penulis: Dr. Musthafa Dieb al Bugha dan Dr Muhyiddin Mistu
Penerbit: Insan Kamil

Ukuran: 18 cm x 24,5 cm
Tebal: 608 Halaman
Cover : Hard Cover
Kitab Asli: Al-Wafi fii Syarhil ‘Arba’in An-Nawawiyyah

Resensi:

Segala puji milik Allah, Buku ini memuat syarah hadits-hadits Arba’in An-Nawawi seputar pokok-pokok ajaran islam dan cabang-cabangnya, berikut di antara isinya:

***

Malu Bagian dari Iman

Terjemah hadits

Dari Abu Mas’ud Uqbah bin Amr Al-Anshary Al-Badry Radhiyallahu Anhu, dia berkata: Rasulullah Shallallaahu Alaihi wa Sallam bersabda: "Sesungguhnya ungkapan yang telah dikenal orang-orang dari ucapan nabi-nabi terdahulu adalah: Jika engkau tidak malu berbuatlah apa yang engkau suka.” (HR. Bukhari).

Hadits riwayat Bukhari pada bagian akhir kitab para nabi no. 3296 dalam kitab adab (Bab: Apabila engkau tidak malu lakukan sesukamu) no. 5769, Abu Daud dalam kitab Adab (Bab: Malu) no. 4796, Ibnu Majah dalam kitab Zuhud (Bab: Malu) no. 4183.
Poin penting dalam hadits ini.

Apabila makna dari malu itu adalah menahan diri dari perbuatan jelek, atau meninggalkan perbuatan tersebut karena takut akibat buruk yang akan menimpanya, maka sesungguhnya seruan untuk meraih akhlak dan membiasakannya dalam kehidupan, adalah melarang setiap kemaksiatan dan kejelekan. Rasa malu merupakan kebaikan yang harus dijaga oleh manusia. Jika kita perhatikan, orang yang tidak memiliki rasa malu akan memiliki kekurangan dan kejelekan, dan malu itu bagian dari kesempurnaan iman, sebagaimana yang dikuatkan dengan sabda Nabi Shallallaahu Alaihi wa Sallam dalam riwayat Bukhari dan Muslim: "Malu itu bagian dari iman.” "Malu itu tidak akan mendatangkan kecuali kebaikan.” (HR. Bukhari dan Muslim)



Penilaian dan Ulasan

0

Berdasarkan 0 Penilaian

  • 5 Star
  • 4 Star
  • 3 Star
  • 2 Star
  • 1 Star
Diskusi (0)

Al-Wafi | Syarah Hadits Arbain An-Nawawi Penerbit Insan Kamil

Ada pertanyaan? Silahkan diskusi dengan penjual atau pengguna lain