10 Kandungan Berbahaya Dalam Skincare Yang Perlu Kamu ketahui

Skincare merupakan salah satu produk yang masuk ke dalam daftar kebutuhan pokok kaum hawa. Khasiat dari skincare yang diincar – incar selalu menjadi perhatian utama dalam keputusan untuk membeli. Sayangnya, saat ini masih banyak produk perawatan kulit yang beredar dengan kandungan berbahaya, makanya kita perlu mengetahui kandungan apa saja pada skincare yang digunakan.

Banyak penelitian yang menyebutkan kandungan dalam skincare yang berbahaya dapat menimbulkan masalah baru pada kesehatan kulit. Apa aja sih kandungan berbahaya yang disebutkan tadi? berikut daftar 10 kandungan berbahaya yang ada pada product skincare:

1.Paraben

Paraben merupakan salah satu kandungan yang umum ditemukan dalam produk skincare. Namun, senyawa ini termasuk pada kandungan dalam skincare yang berbahaya jika penggunaannya tidak diawasi. Dilansir dari alodokter.com, penggunaan produk dengan kandungan paraben dapat menimbulkan beberapa reaksi negatif seperti alergi yang menyebabkan gatal, ruam kemerahan, kering dan bersisik, bengkak,nyeri dan melepuh seperti terbakar.

2. Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

Kandungan Sodium Lauryl Sulfate (SLS) sering dijumpai pada produk pembersih seperti sabun dan sampo. Penggunaan produk skincare dengan kandungan ini dapat menyebabkan kulit kering, kemerahan, mengelupas, sensasi seperti ditarik, dan kulit menjadi lebih sensitif. Oleh sebab itu, untuk beberapa jenis kulit seperti kering dan sensitif kandungan skincare berbahaya ini harus dihindari.

Baca juga artikel lainya : 5 Rekomendasi Parfum Lokal yang Wanginya Tahan Lama

3. Fragrance

Fragrance atau parfum yang biasa digunakan pada skincare juga memiliki efek negatif untuk kulit dan tubuh. Senyawa aromatik ini dapat menjadi kandungan dalam skincare yang berbahaya karena pada beberapa kasus dapat menyebabkan sakit kepala, alergi, dan gangguan pernapasan bahkan dapat merusak sistem reproduksi. Kandungan tersebut juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker.

4. Phthalates

Phthalates adalah bahan yang digunakan untuk melembutkan dan meningkatkan fleksibilitas plastik pada produk kosmetik supaya produk lebih cepat menempel pada kulit. Namun, kandungan ini dapat menyebabkan terjadinya gangguan endokrin. Selain itu, senyawa ini tidak aman bagi ibu hamil karena dapat  menyebabkan cacat kelahiran. Produk yang terdapat kandungan ini biasanya adalah produk sejenis lotion, deodorant dan hair spray.

5. Phenoxyethanol

Phenoxyethanol merupakan antiseptik sering ditemui di berbagai macam kosmetik dan memiliki fungsi yang mirip dengan paraben, yaitu sebagai bahan pengawet. Tapi kamu haru tau, jika kulit terpapar zat ini terlalu banyak akan berpotensi menyebabkan reaksi alergi pada kulit wajah.

6. Retinol

Retinol merupakan kandungan bahan aktif turunan vitamin A yang banyak ditemukan pada skincare. Kandungan ini digadang-gadang memiliki khasiat yang pol untuk mengobati jerawat, merawat warna kulit yang tidak merata dan mencegah penuaan dini. Walaupun demikian, senyawa ini bersifat karsinogenik di bawah sinar matahari dimana retinol dapat menyebabkan kulit mudah mengelupas dan menjadi sangat kering. Hati-hati ya sobat halped!

7. Alkohol

Alkohol merupakan kandungan dalam skincare yang tidak aman bagi kulit sensitif sebab berpotensi membuat kulit iritasi ringan hingga berat. Jika kulit kamu sensitif, alkohol dapat menimbulkan kemerahan hingga kulit terasa sangat kering. Nah, untuk mencegah terjadinya iritasi kulit, sebaiknya pilih produk skincare yang tidak memiliki kandungan berbahaya yang satu ini.

8. Polyethylene Glycol (PEG)

Kandungan Polyethylene Glycol (PEG) kerap ditemui pada jenis kosmetik bertekstur kental seperti lotion, sampo dan tabir surya. Senyawa ini juga dapat menyebabkan masalah pernapasan jika terkontaminasi dengan zat karsinogen. Penggunaan PEG yang berlebih dapat menimbulkan kemerahan pada kulit.

9. Triclosan

Triclosan merupakan bahan kimia anti-bakteri yang sering kamu temukan pada produk deodoran,sabun mandi antibakteri, pasta gigi juga hand sanitizer. Triclosan biasa digunakan sebagai pengawet produk, namun senyawa ini dapat menyebabkan masalah gangguan hormonal, resistensi bakteri, alergi, dan iritasi.

10. Oxybenzone

Oxybenzone biasa ditemukan pada produk sunscreen dan sunblock. Sayangnya, Kandungan ini tidak baik bagi kulit sensitif karena menyebabkan kerusakan pada kulit. Untuk kamu yang memiliki tipe kulit sensitif  lebih baik menghindari produk dengan kandungan dalam skincare yang satu ini, dan disarankan untuk memilih produk sunscreen mengandung zinc oxide atau titanium oxide karena lebih efektif memberikan perlindungan dan melembabkan kulit yang sensitif.

 

Nah sobat halped, itulah 10 kandungan berbahaya yang terdapat pada produk skincare. Setelah membaca informasi ini, semoga dapat dijadikan bahan pertimbangan ketika akan membeli produk skincare kamu ya! Utamakan kesehatan dengan membeli produk skincare yang bersertifikasi dari lembaga pengawasan obat-obatan dan kosmetik. Kamu juga bisa cek produk-produk skincare aman dan halal yang bisa didapatkan di Halalpedia.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.