Apa yang Perlu Kamu Lakukan Jika akan Tidur

sleeping_on_the_moon

Tidur adalah saat dimana kita mengistirahatkan badan dari semua aktivitas. Semua Indera seperti mata, telinga, otak, otot, semuanya memasuki keadaan rileks. Ajaibnya, tidak jarang sesaat setelah bangun kita justru merasa kelelahan dan badan terasa tidak segar. Apakah penyebabnya?

Sebenarnya, saat akan tidur ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar kita bisa menikmati tidur yang berkualitas, sehingga tidur dapat menjadi fase istirahat yang sepenuhnya. Halalpedia sudah merangkum beberapa hal yang perlu kamu lakukan dan hindari jika akan tidur, yuk simak penjelasannya!

Mandi Air Hangat

Mandi

Menurut psikolog, mandi air hangat sebelum tidur sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur. Selain untuk menjaga suhu tubuh mandi air hangat juga membuat kamu lebih mudah terlelap karena otot tubuhmu menjadi lebih rileks.

Minum Air Putih

minum

Pernahkah kamu terbangung ditengah malam karena kehausan? Mungkin dikarenakan udara yang sedang panas atau memang itu merupakan pertanda bahwa tubuhmu sedang butuh cairan. Meminum air mineral sebelum tidur sangat baik untuk menghindari dehidrasi, membuatmu merasa lebih segar, bahkan dapat membantumu menurunkan berat badan.

Hindari Penggunaan Barang Elektronik

Gadget

Penggunaan barang elektronik seperti TV, handphone, dan komputer akan membuat kamu sulit terlelap. Cahaya biru yang dipancarkan ponsel dan perangkat elektronik dapat menekan pelepasan hormon melatonin yang membuat kamu sulit tertidur. Sebuah studi yang dilakukan terhadap 1.101 remaja berusia 13-16 tahun menemukan kualitas tidur yang menurun akibat penggunaan ponsel sebelum tidur.

Membaca Buku

baca buku

Ganti penggunaan gadget dengan membaca buku sebelum tidur. Sebuah penelitian menyatakan membaca buku selama 6 menit sebelum tidur mampu meningkatkan kualitas tidurmu. Jadi mulai malam ini, letakkan buku favoritmu disebelah tempat tidur agar kamu dapat dengan mudah meraihnya saat akan tidur.

 

Selain berusaha ikhtiar dengan melakukan tips diatas, jangan lupakan pula sunnah yang diajarkan oleh nabi ketika beliau akan tidur. Kita dianjurkan membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas 3 kali, meniupkannya ke telapak tangan, dan mengusapkannya keseluruh tubuh. Ini merupakan hikmah dari hadis berikut :

Aisyah ra berkata, “Setiap malam, ketika Rasulullah SAW ingin mulai tidur, baginda merapatkan kedua tangannya kemudian meniupkan kearah kedua talapak itu sambil membaca surah al-ikhlas, al-falaq dan al-nas, kemudian menyapu semua anggota badan yang mungkin dijangkau, dimulai dari kepala, wajah dan seluruh bagian tubuh lain sebanyak tiga kali.” Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari (Hadis no. 4630).

Itulah beberapa hal yang perlu kita perhatikan jika kita akan tidur. Menjaga kebiasaan baik dan menjalankan sunnah nabi akan membawa kebaikan bagi jiwa dan juga raga kita. Mudah-mudahan kita diberikan kemudahan oleh Allah untuk melaksanakannya.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.