Berpakaian Dalam Islam

Pakaian adalah nikmat agung yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT oleh para umatnya, agar dapat menutup auratnya dengan baik. Pakaian menjadi alat utama untuk menutup aurat, menahan tubuh dari panas serta dingin, dan lainnya. Dalam dalil-dalil syar’iyah menerangkan bagaimana berpakaian dalam islam yang baik secara rinci dan jelas. 

Berpakaian dengan cara islam

Dalam bahasa Arab pakaian disebut dengan “Libaasun-tsiyaabun” dan dalam KBBI, arti dari pakaian adalah barang yang digunakan seseorang baik, jaket, celana, sarung, selendang, baju, serban, jubah, kerudung, dan lainnya. Dalam agama islam, pakaian lebih bertujuan untuk menutupi aurat sesuai dengan ketentuan dan tujuan beribadah. Sedangkan dalam adat, pakaian lebih ditujukan untuk pakaian yang sesuai dengan mode atau batasan ukuran berpakaian yang berlaku didalam suatu wilayah. Para ulama muslim telah menyebutkan adab serta etika berpakaian di dalam buku mereka yang diikuti dengan beberapa dalil. 

Nah ini dia beberapa syarat yang harus diikuti untuk berpakaian

  • Menutup aurat

Aurat sendiri adalah anggota tubuh yang diwajibkan untuk ditutupi oleh pemiliknya, karena merasa malu apabila terbuka. Sesuai dengan surah QS al-A’raaf: 26

يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ قَدْ اَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُّوَارِيْ سَوْءٰتِكُمْ وَرِيْشًاۗ وَلِبَاسُ التَّقْوٰى ذٰلِكَ خَيْرٌۗ ذٰلِكَ مِنْ اٰيٰتِ اللّٰهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُوْنَ

Artinya: “Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya Kami telah memberikan dan menyediakan pakaian yang menutupi aurat dan sebagai perhiasan bagimu. Tetapi pakailah takwa, itulah yang lebih baik dari lainnya.”

Dari ayat yang ada diatas, dapat disimpulkan bahwa menutupi aurat merupakan perkara yang wajib. Untuk laki-laki dewasa batasan auratnya adalah dari pusar sampai lutut. Sedangkan untuk perempuan seluruh badannya adalah aurat, kecuali dua telapak tangan dan wajahnya.

  • Tebal dan tidak transparan

Menurut Ibnu Tamim menjelaskan bahwa, “Bencinya pakaian yang transparan apalagi sampai menggambarkan bentuk anggota badan.” Imam al-Marwazi juga menceritakan, “Aku pernah disuruh oleh beberapa orang tatkala, untuk membeli sebuah pakaian yang dipesan oleh Imam Ahmad yang berpesan jangan beli pakaian yang tipis, karena dia sangat membenci pakaian yang transparan.” Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan pakaian yang tebal dan tidak transparan, agar tidak menampakan aurat.

  • Tidak menyerupai lawan jenis

Sesuai dengan hadits dari Imam Bukhari, sahabat Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Rasulullah SAW melaknat bagi mereka pria yang menyerupai wanita dan bagi mereka perempuan yang menyerupai lelaki”. (HR. Bukhari). Maka dari itu, janganlah kalian menyerupai lawan jenis kalian, karena hal itu sangat dilarang.

  • Sunnah bagi pakaian warna putih

Dari hadits yang disampaikan Abu Dawud dalam sunannya dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma, mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda “Kenakanlah pakaian yang berwarna putih, karena sesungguhnya pakaian itu adalah yang terbaik bagi kalian, dan kafanilah dengan warna putih mayat kalian.”

Baca juga: Baju Muslim Wanita

  • Tidak berwarna kekuning-kuningan

Dari Abdullah bin Amr bin al-Ash radhiyallahu’ anhuma, berkata bahwa Nabi Muhammad SAW pernah melihatku menggunakan pakaian yang kuning dan ia mengatakan “Sesungguhnya ini termasuk dari pakaian kafir, dan janganlah kau memakainya!”

  • Menggunakan mulai dari sisi kanan

Sesuai dengan Imam muslim yang meriwayatkan dari Saidatina Aisyah bahwa “Rasulullah sangat suka sebelah kanan dalam semua keadaan, seperti contohnya berjalan kaki, bersuci, serta memakai baju.”

  • Menggunakan minyak wangi

Nabi Muhammad SAW sangat mencintai minyak wangi, seperti yang dijelaskan dari hadits Imam Nasa’i dari Anas radhiyallahu’ anhu, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa “Dijadikan kecintaan pada diriku dari perkara dunia, wanita serta minyak wangi.” Beliau sendiri tidak pernah menolak apabila diberikan minyak wangi.

Itu dia penjelasan tentang bagaimana kita berpakaian dalam islam. Semoga dapat bermanfaat serta menambah keimanan kita sebagai umat muslim.

Ingin belanja produk-produk fashion? Langsung cek disini yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published.