Berikut Doa Sholat Dhuha dan Artinya

Doa merupakan bentuk permohonan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dengan segenap kerendahan hati untuk memperoleh kebaikan-Nya. Ketika berdoa kita diperintahkan untuk bersungguh-sungguh atas setiap permohonan yang dipanjatkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Dalam artian, kita harus khusyuk ketika tenggelam dalam permohonan sendiri.

Pada Al-Quran, Allah Subhanahu wa ta’ala menjelaskan bahwa orang-orang yang taat melakukan ibadah akan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dengan memanjatkan doa yang ikhlas. Dengan berdoa dan berserah atas usaha yang telah kita lakukan, hal tersebut dapat mengajarkan kita untuk belajar hidup tenteram karena telah memupuk perasaan cukup. 

Sholat

Sobat Halped, berdoa itu bisa dilakukan kapanpun. Bisa dilakukan setelah sholat, ketika dalam perjalanan, sebelum memulai kerja, dan sebagainya. Pada artikel ini akan sedikit membahas tentang manfaat berdoa setelah sholat dhuha. Doa sholat dhuha baik dilakukan untuk memulai hari sebab memiliki beberapa manfaat yang baik untuk jangka panjang, berikut beberapa manfaat yang doa sholat dhuha dan artinya: 

1. Akan dicukupkan rezeki

Kecukupan atas rezeki adalah hal yang diharapkan setiap orang. Dengan melaksanakan sholat dhuha rutin Allah menjanjikan akan melapangkan pintu rezekinya sebagaimana tertulis pada hadist Ahmad, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal hari, niscaya akan Aku cukupkan untukmu (rezeki)  di sepanjang hari itu.” 

2. Mendapatkan pintu di surga

Allah akan memberikan balasan yang baik kepada orang-orang yang mengamalkan amalan soleh dengan memberikan tempat di surga kelak. Jaminan tersebut akan diperoleh bagi orang yang mengerjakan sholat dhuha dengan ikhlas sebagaimana bunyi hadist riwayat Shahih Al – Jami, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,  “Barang siapa yang (melaksanakan) sholat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” 

Baca juga artikel lainya : Cegah Kulit Kering Saat Berpuasa Dengan Tips Berikut!

3. Memperoleh pahala yang sama dengan bersedekah

Sedekah adalah satu dari sekian banyak hal baik yang dapat kita lakukan agar kehidupan terasa lapang. Bentuk bersedekah itu tidak hanya berupa materi saja, namun dengan senyuman, dzikir, berdoa dan sholat juga bentuk lain dari bersedekah. Dengan melaksanakan sholat dhuha, kita diibaratkan sedang bersedekah dari seluruh anggota tubuh. Bersedekah itu penting sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya.” (H.R Muslim)

4. Terhindar dari sifat lalai

Sholat  dhuha dapat melindungi kita dari sifat lalai seperti disebutkan pada hadis riwayat Al Baihaqi dan An Nasai’, Rasulullah bersabda, “orang yang mengerjakan sholat dhuha tidak termasuk orang lalai.” 

Dibawah ini merupakandoa sholat dhuha dan artinya yang dibaca setelah selesai sholat dhuha:

  • اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُك
  • اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Dilansir dari buku Risalah Tuntunan Sholat Lengkap oleh Drs. Moh. Rifai, kedua doa diatas memiliki arti sebagai berikut:

  • “Ya Allah, bahwasanya waktu dluha itu waktu dluhaMu, kecantikan ialah kecantikanMu, keindahan itu keindahanMu, kekuatan itu kekuatanMu, kekuasaan itu kekuasaanMu, dan pelindungan itu, perlindunganMu.”
  • “Ya Allah, jika rizkiku masih diatas langit, turunkanlah .dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dluha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaanMu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang shaleh.”

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.