Fresh Graduate Harus Apa?

Fresh GraduateFresh Graduate

Fresh graduate adalah sebutan bagi para mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dan mendapatkan ijazah kurang dari 6 bulan lamanya. Lalu apa saja kelebihan dari fresh graduate? Tentu saja mereka memiliki semangat untuk belajar lebih tinggi, sehingga akan membuat seseorang tersebut lebih bertanggung jawab atas job desk yang diberikan. Selain itu, merekan akan lebih up to date dengan topik atau trend yang sedang terjadi, serta biasanya memiliki kreativitas dan inovatif yang baik bagi perusahaan. Nah kira-kira seorang fresh graduate harus melakukan apa sih untuk mendapatkan karir yang baik bagi dirinya?

Pertama-tama sebagai seorang fresh graduate, anda harus memiliki tekad untuk tidak mudah putus asa. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan lowongan pekerjaan memiliki kompetitif yang sangat tinggi, sehingga membuat para fresh graduate harus bersaing untuk mendapatkan posisi yang diinginkan. Selain itu, masih banyak HRD yang kurang memandang kalian untuk bekerja di perusahaan, hal ini dikarenakan biasanya mereka masih kekurangan pengalaman untuk bekerja.

Kedua, seorang fresh graduate harus menerima setiap kesempatan yang baik untuk dirinya. Dengan adanya kesempatan yang didapatkan sudah seharusnya untuk memanfaatkan sebaik-baiknya untuk perkembangan karirnya. Bahkan, harus keluar dari zona nyaman kalian, apabila kesempatan yang didapatkan sangat baik untuk dirinya.

Ketiga, tingkatkan skill anda untuk mendapatkan kepercayaan HRD yang akan menerima di perusahaan. Dengan mengikuti seminar atau kursus kalian akan mendapatkan ilmu yang dapat diimplementasikan saat kalian bekerja nantinya. 

Keempat, perbaharui Linkedin yang kalian punya dan terus ikuti update perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan bagi anda. Linkedin adalah platform jaringan profesional terbesar di dunia digital. Kalian akan menemukan lowongan untuk kerja atau internship yang dibuka oleh beberapa perusahaan.

Kelima, kalian bisa mengikuti sosial media dan website untuk mencari lowongan pekerjaan yang ada. Selain itu, kenalan atau teman-teman kalian bisa kalian tanyakan apakah memiliki informasi terkait lowongan pekerjaan. Hal tersebut dapat kalian dapatkan saat perkuliahan mengikuti organisasi dan lainnya yang disebut sebagai relasi.

Itulah beberapa tips & trick untuk kalian para yang baru saja lulus dan ingin mencari pekerjaan.

Selain itu, jangan lupa untuk mempelajari perusahaan yang telah memanggil kalian untuk melakukan interview di website, sosial media dan hal-hal lain yang berkaitan dengan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.