Perbedaan E-Commerce dan Marketplace

Secara singkat E-Commerce menyediakan barang yang perusahaan punya, tetapi marketplace membuka gerai atau toko untuk produsen yang dapat dipasarkan di aplikasi atau websitenya.

market place

Ecommerce/E-commerce

Bila didefinisikan ecommerce adalah model bisnis digital yang memungkinkan perusahaan atau individu bisa membeli tetapi tidak dapat menjual secara online. Lalu apa contohnya, di Indonesia sendiri terdapat beberapa contoh perusahaan yang menekuni di bidang ecommerce yaitu Traveloka, Sociolla dan masih banyak lagi.

Marketplace

Lalu apa itu marketplace? marketplace merupakan pihak perantara yang menjembatani antara konsumen dan produsen secara langsung. Dapat dibilang marketplace sendiri hanyalah media untuk mempertemukan agar konsumen dan produsen dapat bertransaksi secara online. Siapa saja pelaku bisnis marketplace? Halalpedia, Shopee, Tokopedia dan masih banyak lagi.

Cara kerja dari marketplace adalah dengan cara melakukan kerjasama antara penjual dengan penyedia jasa marketplace, lengkap dengan fitur berjualan, chat dengan konsumen, kurir hingga tempat pembayaran. 

Para penjual diberi keharusan untuk mengisi “toko” atau melengkapi kebutuhan yang diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan para konsumen. Hal-hal yang harus dilengkapi biasanya seperti gambar/foto produk yang jelas (tanpa menggunakan nomor telepon, alamat ig ataupun website), dan marketplace biasanya menyediakan fitur-fitur diskon dan promosi untuk meningkatkan penjualan dan untuk menarik para konsumen.

Online Shop

Lalu ada juga istilah digital dengan nama online shop apa itu? Apakah keduanya sama? Atau malah sangat berbeda?

Dan faktanya ini sangat berbeda, baik marketplace ataupun ecommerce mereka mempunyai definisi-definisi yang berbeda. Maka dari itu mari kita renungkan perbedaanya.

Online shop dapat dikatakan mereka adalah para produsen yang mandiri, mereka mempunyai platform sendiri. Online shop sendiri biasanya mempunyai produk sendiri, mempunyai website sendiri, social media sendiri bahkan mempunyai diskon-diskon sendiri. 

Kenapa suatu produk perlu repot-repot membuat online shop sendiri? Biasanya mereka yang sudah memiliki image atau mempunyai “masa” sendiri berani melakukan ini karena mereka mempunyai branding tersendiri jadi konsumen telah mengenal mereka dan produk itu percaya diri bahwa mereka dapat menjangkau konsumen dengan baik.

Hanya itu? Tentu tidak, konsumen sekarang pintar mereka tau mana produk yang dapat dipercaya, mana produk yang menjual dengan cuma-cuma bahkan “review” sudah menjadi hirarki sebuah produk dapat dikatakan bagus atau tidaknya, ya selamat datang di era digital jangan pernah berharap produk anda dapat disembunyikan.

Baca juga artikel lainya : Halal Lifestyle menumbuhkan Ekonomi Indonesia

Dilansir dari Verisign 84% pelanggan lebih percaya online shop yang sudah memiliki website resmi dibanding mereka yang hanya berjualan di social media. Karena ada di mesin pencarian google pelanggan dapat mencari produk dengan mudah, maka penting untuk anda mengenal dunia digital lebih dalam lagi.

perbedaan market place dan e-commerce

Perbedaan ecommerce, marketplace dan online shop

Secara garis besarnya baik ecommerce, marketplace maupun online shop semua adalah bisnis yang dijalankan dengan online. Bila dibilang mana yang lebih baik? Semuanya punya keunggulan masing-masing, baik dari segi personal branding, voucher diskon ataupun cara pembayaran.

ecommerce sendiri menyediakan berbagai macam produk mereka biasa nya mempunyai gudang tersendiri dan mereka menyetok untuk menjualnya di platform yang mereka punya, lalu marketplace adalah media untuk membantu para pelaku usaha maupun pembeli sebagai jasa pembuka lapak agar dapat bertransaksi dengan baik. Dan online shop adalah pelaku penjual yang hanya menjual produk mereka langsung kepada konsumen dengan media website, social media dan platform lainnya yang mereka buat sendiri dengan ketentuan dari perusahaan mereka sendiri secara langsung menjual kepada konsumen.

Halalpedia

Perkenalkan kami Halalpedia, PT. Halal Pedia Indonesia adalah perusahaan teknologi Indonesia dengan visi pemerataan usaha kecil mikro menengah produk buatan lokal yang halal di Indonesia secara digital. Halalpedia membantu para jutaan UMKM dengan produk lokal Indonesia melalui bisnis marketplace yang berbasis Halal. Serta Halalpedia menjadi sarana untuk masyarakat lebih mudah dan memberikan kenyamanan mendapatkan produk halal.

Halalpedia memiliki misi untuk memenuhi keperluan umat muslim di Indonesia akan produk Halal dan memberikan ketenangan hati untuk setiap muslim yang ingin mengkonsumsi dan mendapatkan produk Halal tanpa takut dengan kandungan di dalam produk tersebut. Halalpedia juga memberikan kenyaman dalam pengalaman berbelanja dengan syariat Islam.

Memberi manfaat adalah salah satu tujuan kami, menyebarkan manfaat untuk seluruh umat muslim di Indonesia dengan banyaknya nilai positif dari halaman kami. Kehadiran Halalpedia diharapkan memberikan manfaat baik untuk para pengguna baik dalam membeli atau berjualan. Halalpedia percaya, manfaat baik akan memberikan berkah kebaikan untuk semua. Itulah mengapa, manfaat dalam Halalpedia sangat kami utamakan untuk semua orang.

Kunjungi kami di halalpedia.com dan alamat lengkapnya di Happy Creative Building, Jl. Cisitu Indah III No.2, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.