Mengatasi Sulit Tidur atau Insomnia Dalam Islam

Tidur adalah kegiatan yang menjadi kebutuhan dasar bagi semua orang di dunia ini tanpa terkecuali. Untuk mengoptimalkan fungsi tidur, setiap orang harus tidur dengan cukup agar dapat menjaga keseimbangan mental, emosional, serta kesehatan. Kesulitan tidur atau insomnia adalah suatu persepsi dari seseorang yang merasa kualitas tidurnya buruk dan menyebabkan perasaan kurang bugar setelah bangun tidur. Gangguan tersebut dapat menyebabkan fisik, emosional, kognitif, kesehatan serta sosial seseorang akan terganggu pertumbuhannya. Nah bagaimana sih cara mengatasi sulit tidur atau insomnia dalam islam itu sendiri? Yuk simak penjelasannya.

Sulit Tidur atau Insomnia Islam

Insomnia atau kesulitan untuk tidur terjadi dikarenakan adanya stress, narkoba, alkohol, perilaku merokok, konsumsi kafein yang berlebihan, dan aktivitas fisiknya. Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa mengikuti beberapa cara ini:

Sulit Tidur Insomnia Islam

Cara Mengatasi Insomnia atau Sulit Tidur 

  • Berwudhu

Sesuai dengan kebiasaan Nabi Muhammad SAW yang melakukan wudhu sebelum tidur untuk menyucikan diri. Dengan begitu maka kita akan mendapatkan rasa tenang dan terhindar dari mimpi-mimpi buruk. Dalam hadits riwayat Al-Bukhari menyebutkan bahwa “Apabila engkau akan tidur, maka hendaklah melakukan wudhu terlebih dahulu, sebagaimana yang kau lakukan untuk melaksanakan sholat. 

Baca juga: Apa yang Perlu Kamu Lakukan Jika akan Tidur

  • Membaca surah-surah pendek

Membaca surah pendek atau surat juz 30 yang ada di Al-Qur’an seperti Al-Ikhlas, Al-Falaq, Al-Maun, Al-Kafirun dan lainnya dapat memberi ketenangan batin bagi kita. Hal itu akan membuat kita terbebas dari gangguan kegelisahan dan kecemasan. Dalam surah Ar-Ra’d ayat 28 menyebutkan:

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ

Artinya: “Bagi orang-orang beriman dan hati mereka menjadi lebih tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah!, hanya dengan mengingat Allah hati kalian menjadi tenteram.”

  • Membaca doa

Membaca doa sebelum dan bangun tidur sangat diwajibkan bagi umat muslim untuk memberi ketenangan batin bagi diri kita.

Doa sebelum tidur

بِاسْمِكَ اللهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوْتُ

Bismika allahumma ahyaa wa bismika amuut.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang menghidupkan dan mematikan.”

Doa bangun tidur

الحَمْدُ لِلهِ الًّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wa ilaihin nusyur.

Artinya:”Segala puji bagi Allah, Tuhan yang menghidupkan kami setelah ia mematikan kami. Kepada-Nyalah kebangkitan hari kiamat.”

Baca juga: Kesehatan Mental Dalam Islam

  • Mengatur posisi tidur

Posisi tidur yang baik dalam islam adalah menghadap ke arah kanan atau menghadap kiblat. Sedangkan untuk posisi yang sangat tidak dianjurkan dalam islam adalah tengkurap atau telungkup yang akan membuat nafas kita tidak lancar, serta akan mengganggu kesehatan jantung kita.

Nah itu dia bagaimana cara kita mengatasi insomnia atau sulit tidur dalam Islam. Semoga setelah membaca ini, teman Halped dapat tidur dengan nyaman, tenang, dan tentram yah!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.