Adab Makan dan Minum Sebagai Sunnah dan Kesehatan

Setiap manusia perlu untuk makan dan minum karena tubuh butuh zat  untuk membangun energi. Dengan energi yang cukup kita dapat beraktivitas dengan baik sehingga bisa mengerjakan hal-hal yang bermanfaat. Maka dari itu perlu diperhatikan juga mengenai apa saja yang dikonsumsi dan masuk ke tubuh kita.

Makanan yang layak dikonsumsi adalah makanan yang memiliki derajat kematangan baik, bebas dari pencemaran, bebas dari perubahan fisik, bahan-bahan kimia yang tidak dikehendaki, aktivitas mikroba, hewan pengerat, serangga, parasit, dan berbagai kerusakan, serta bebas dari mikroorganisme dan parasit penyebab penyakit.

Adab_Makan_dan_MinumSeperti firman Allah SWT pada surah Al-Baqarah Ayat 168 “Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi…” Makanan yang baik tentu harus halal dimana makanan tersebut harus diperoleh dengan baik dari segi jenis makanan dan bagaimana makanan itu didapatkannya. (Baca juga artikel kriteria makanan halal haram)

 

 

Lalu adab makan yang baik itu seperti apa saja? 

Adab merupakan cerminan dari perilaku dan kebiasaan yang terdapat pada karakteristik maupun sifat dari manusia, jika dalam bahasa arab maka adab memiliki arti tertib, sopan, dan santun. Maka adab itu haruslah mencerminkan sikap baik dari manusia.

 

  • Membaca ‘Bismillah’ ketika mengawali makan

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala (baca ‘bismillah’). Supaya segala sesuatu yang masuk ke tubuh kita di berkahi oleh Allah SWT

 

  • Tidak mencela makanan

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah pernah mencela suatu makanan sekalipun dan seandainya beliau menyukainya maka beliau memakannya dan bila tidak menyukainya beliau meninggalkannya (tidak memakannya).” (HR. Bukhari, no. 5409.

  • Tidak banyak minum di sela makan

Tidak banyak yang mengetahui bahwa terdapat bahaya pada saat minum banyak di sela mengkonsumsi makanan, karena ginjal akan bekerja dengan keras disamping makanan sedang dicerna. Terdapat resiko pada kerusakan organ di dalam tubuh. 

  • Jangan minum sambil berdiri

“Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri. Barangsiapa minum berdiri maka hendaknya dia memuntahkan.” (HR Muslim) Selain itu terdapat bahaya apabila minum sambil berdiri karena mengganggu keseimbangan dari penyebaran cairan ke seluruh tubuh dan dapat terjadi penumpukan pada sendi dan berakibat artritis.

 

Lalu apa saja makanan dan minuman yang baik itu?

  1. Makanan yang baik untuk dikonsumsi :

  • Nasi

Di negara kita Indonesia, nasi merupakan makanan pokok. Nasi ini berasal dari beras yang ditanam dari padi yang terdapat kandungan karbohidrat juga terdapat nutrisi lain berupa vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, fosfor, selenium, mangan, dan magnesium.

  • Daging Hewan

Sebagai pelengkap dari nutrisi tambahan untuk tubuh, daging hewan dapat dikonsumsi. Di dalam daging hewan terdapat protein hewani juga Lemak yang terdapat didalamnya mengandung zat besi, fosfor, vitamin B, C, bagian hati kaya vitamin A dan zat besi. Semua kandungan tersebut dapat di rasakan oleh tubuh dengan porsi yang cukup dan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

  • Sayuran

Sayur merupakan asupan makanan yang yang tinggi akan serat, vitamin, dan mineral serta rendah kalori. Dari banyaknya kandungan baik di dalam sayuran membuat sayuran menajadi rekomendasi terbaik dari makanan yang bagus untuk dikonsumsi

Lihat juga : Produk Kopi Di Halalpedia (    Produk Kopi Di Halalpedia  )

  1. Minuman yang baik untuk diminum :

  • Air Putih

Tubuh perlu di netralisir dengan cairan yang dapat membersihkan dan menetralkan tubuh, maka diseluruh penjuru dunia air putih merupakan cairan terbaik untuk menetralisir organ di dalam tubuh.

  • Susu

Susu merupakan makanan yang sempurna, murni, lengkap kandungannya, warna putih, rasa manis dan kandungannya kaya akan asam amino yang pokok, mineral seperti fosfor, tembaga, kapur, zat besi, vitamin A, B, D.

 

Lihat juga : Cemilan Kekinian Yang Harus Kalian Punya! (    Cemilan Kekinian Yang Harus Kalian Punya!  )

Untuk memenuhi kebutuhan dari makanan yang sehat, inilah produk makanan dan minuman yang dapat kamu temukan di Halalpedia 

Beras Cap Anak Rasa 3Kg

Rp. 38.500

Beras Anak Raja - Beras Premium 3kg

Untuk lihat produknya klik disini!

Ayam Utuh AFCO 1.0 SP

Rp. 36.500

Untuk lihat produknya klik disini!

Halal Froz - Ayam Frozen

 

Saikoro Beef 0,5Kg 

Rp. 79.000

Untuk lihat produknya klik disini!

Garasi Daging - Saikoro

Leave a Reply

Your email address will not be published.