Hukum Berwudhu Saat Memakai Make Up

Hukum Berwudhu Saat Memakai Make Up

Makeup_hijab

 

Hai, Muslimah halal, Make up atau tata rias wajah adalah seni merias wajah yang dibantu oleh alat dan bahan kosmetik yang bertujuan untuk mempercantik diri. Satu dari banyak jjenis make up adalah Make Up Waterproof. Make up waterproof dapat bertahan dan tidak luntur jika terkena air. Kandungan dimethicone yang merupakan salah satu bentuk dari silikon mencegah air melunturkan lapisan make up. Jika make up yang dipakai muslimah tidak luntur saat terkena air, maka bagaimana saat muslimah halal harus berwudhu untuk menunaikan shalat?

. Wudhu adalah hukum ilahi Allah bagi umat Islam. Umat Islam disarankan untuk selalu dalam keadaan bersuci (wudhu) setiap saat, seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Ketika akan shalat, wudhu menjadi tahapan yg tidak boleh terlewat, sebab  salah satu syarat sah shalat  adalah suci 

 

Sah kah wudhu ketika memakai make up?

Menurut pendapat ulama, sah tidaknya wudhu menggunakan makeup dapat ditinjau dari ketebalan make up yg digunakan. lapisan make up tersebut dapat dibedakan menjadi makeup tipis dan make up tebal

Make Up Tipis

Makeup_tipis

Make up tipis adalah make up yang tidak membentuk lapisan. Wudhu dengan make up tipis tetap dihukumi sah, berdasarkan penjelasan Syekh Abdul Aziz Ibnu baz rahimahullah  berikut: 

“Jika makeup memiliki fisik (yakni membentuk lapisan), menghalangi sampainya air ke anggota wudhu, maka harus dihilangkan. Jika tidak mempunyai fisik, cuman sebatas warna, tidak memiliki ketebalan, maka tidak harus dihilangkan. Namun, jika make up memiliki fisik (membentuk ketebalan atau lapisan), sehingga dapat menghalangi terbasuhnya air wudhu, make up seperti ini wajib dihilangkan. Seperti makeup wajah atau lengan, jika mengandung zat lilin (membentuk lapisan), maka harus dihilangkan. Adapun jika cuma warna, tidak memiliki fisik dan ketebalan, tidak harus dihilangkan.”

 

Make Up Tebal

Makeup_Tebal

Make up tebal adalah make up yang memiliki beberapa  layer pada wajah, sehingga memiliki ketebalan dan membentuk lapisan. Dan makeup waterproof tentu saja termasuk dalam kategori ini, dapat disimpulkan langsung dari i namanya ,anti air.  Ketika akan berwudhu, maka wajib untuk menghapusnya make up jenis ini terlebih dahulu agar kita tidak termasuk orang yang disebut dalam hadis dari rasulullah:

 وَيْلٌ لِلْأَعْقَابِ مِنَ النَّارِ أَسْبِغُوا الْوُضُوءَ 

“Celaka atau lembah wail (di neraka jahanam) bagi para pemilik tumit yang tidak terkena air wudhu. Sempurnakan wudhu kalian!” (HR. Muslim).


Dikala Nabi Shallallahu alaihi wa sallam memandang seseorang sholat dengan keadaan terdapat bagian anggota wudhu yang tidak terbasahi air, Nabi perintahkan orang tersebut mengulang wudhu serta sholatnya. Sedikit saja bagian wudhu tidak terserang air wudhu, itu bisa membatalkan segala basuhan wudhu, sehingga wajib mengulang kembali wudhu secara sempurna. Ini menampilkan berartinya membenarkan seluruh anggota wudhu terbasahi air wudhu.

 

Jadi, sobat muslimah halal tetap boleh menggunakan make up saat wudhu, dengan syarat makeupnya tidak membentuk lapisan dan tidak menghalangi jalan air membahasih kulit. Jika make up yg digunakan menghalangi air, maka wajib dihapus terlebih dahulu agar wudhu kita tetap sah. 

Cari make up dengan jaminan halal dan bisa digunakan saat wudhu? bisa dicek di link ini ya muslimah! 

 

 

 

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published.