Investasi Aman Untuk Umat Muslim

Untuk masa dewasa atau masa tua kita, investasi menjadi gaya hidup yang harus dilakukan untuk melindungi nilai aset kita pada masa depan. Dengan melakukan investasi dari alokasi harta yang kita miliki akan dapat membantu memenuhi kebutuhan pada masa mendatang. Tak terkecuali untuk para umat muslim yang senantiasa diajarkan untuk kebaikan dan mendorong manusia agar dapat melakukan serta memilih yang terbaik untuk hidupnya di dunia maupun di akhirat. Nah bagaimana sih investasi yang aman untuk para umat muslim? Berikut penjelasannya.

Investasi Aman Untuk Umat Muslim

Pengertian Investasi

Investasi adalah salah satu cara yang kita bisa gunakan untuk meningkatkan pendapatan dalam jangka tertentu. Dengan melakukan investasi, kalian pasti akan mencapai kebebasan finansial tanpa perlu mengkhawatirkan inflasi. Surat Al-Baqarah ayat 261 yang berbunyi:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.”

Dalam surat di atas, Allah SWT menganjurkan kita untuk melakukan sesuatu (investasi) yang akan membuat kita dapat melipatgandakan penghasilan dan memiliki jaminan pada masa yang akan datang.

Baca Juga: Sejarah, Nilai, Prinsip, dan Tujuan Ekonomi Syariah

Hukum Investasi Dalam Islam

Investasi dalam pandangan agama Islam harus berkaitan dengan suatu aset ataupun kegiatan usaha yang spesifik serta menghasilkan manfaat. Kegiatan investasi harus berdasarkan norma dan kaidah dari syariat-syariat islam. Sesuai dengan surat An-Nisa ayat 9 yang berbunyi:

وَلْيَخْشَ الَّذِيْنَ لَوْ تَرَكُوْا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعٰفًا خَافُوْا عَلَيْهِمْۖ فَلْيَتَّقُوا اللّٰهَ وَلْيَقُوْلُوْا قَوْلًا سَدِيْدًا

Artinya:: “Hendaklah kalian takut kepada Allah orang-orang yang sekiranya akan meninggalkan dari keturunan yang lemah yang mereka khawatir terhadap kesejahteraan mereka. Maka dari itu, hendaklah mereka agar bertakwa kepada Allah, serta hendaklah mereka mengucapkan perkataan dan tutur kata yang benar.”

Dari ayat diatas menganjurkan kita untuk meningkatkan kehidupan ekonomi kita dengan mempersiapkan sarana menuju sejahtera, salah satu contohnya adalah melakukan investasi.

Faktor Penting Untuk Investasi

Investasi memiliki manfaat serta dampak yang luas bagi perekonomian seseorang bahkan negara. Dalam prinsip islam, investasi terdapat panduan serta batasan yang jelas untuk melakukannya. Sebelum kesana, berikut beberapa aspek dari perspektif islam yang disampaikan oleh Chair (2015):

  • Aspek material

Aspek ini adalah suatu bentuk investasi yang menghasilkan manfaat finansial dibandingkan dengan bentuk-bentuk lainnya.

  • Aspek kehalalan

Aspek ini adalah bentuk investasi harus terhindar dari sesuatu yang haram. Investasi yang tidak halal akan membuat pelakunya menuju kesesatan terhadap sikap darurah (deskruktif)

  • Aspek lingkungan dan sosial

Aspek ini adalah bentuk investasi yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat serta lingkungan sekitar, ataupun untuk generasi yang akan datang.

  • Aspek pengharapan

Aspek ini adalah suatu penghargaan dari Allah SWT ataupun dilakukan untuk mencapai ridha dari Allah SWT.

Investasi dalam islam harus mengikuti aturan serta batasan yang boleh dilakukan agar dapat mengendalikan manusia dari keserakahan. Dalam fatwa MUI tahun 2011 yang mengatur bagaimana memilih investasi sesuai dengan syariat yaitu dengan tidak adanya unsur larangan dari syariah maka investasi boleh dilakukan. Dasar dari kegiatan berinvestasi berasal dari ekonomi, investasi, dan bisnis dengan landasan syariah untuk mencapai kemuliaan hidup (falah) di dunia maupun akhirat.

Baca juga: Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Tips Memilih Investasi

Dengan adanya beberapa bank syariah yang menyediakan dan membuka layanan investasi syariah, umat muslim di Indonesia tidak perlu khawatir untuk melakukan investasi yang bernuansa dan mengamalkan prinsip syariah dalam melakukan investasi. Nah ini dia beberapa produk yang bisa kalian beli untuk berinvestasi dan ada di Indonesia:

  1. Emas
  2. Tanah
  3. Rumah
  4. Perhiasan

Nah itu dia penjelasan yang bisa kita berikan kepada teman Halped tentang investasi aman untuk umat muslim di Indonesia. Semoga dapat bermanfaat dan meningkatkan iman kita kepada Allah SWT yah! Amin…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.