Make Up Halal Itu Penting Bagi Muslimah

Dewasa ini industri kosmetik halal semakin mendapat perhatian konsumen di dunia. Inovasi tersebut berkembang seiring kebutuhan harian wanita muslim yang wajib memperhatikan setiap benda yang menempel di tubuhnya. Sebab dalam industri kosmetik kerap dijumpai bahan-bahan yang tidak ramah bagi para muslimah. 

 

Make up halal merupakan produk kecantikan wanita yang dibuat menggunakan bahan-bahan yang tidak mengandung unsur haram. Awalnya, produk kecantikan halal lebih dulu dikenal di arab saudi kemudian mulai masuk ke negara Asia. Dengan menyadari industri kosmetik halal dunia terus menuju kemajuan yang pesat, banyak brand besar yang terus berinovasi. Hal ini pun didukung oleh tingginya angka penduduk muslim di Indonesia.

Teman Halped harus tau menggunakan produk kosmetik halal itu penting bagi muslimah. Tapi kenapa sih penting bagi kita untuk menggunakan kosmetik halal?

Baca juga artikel kecantikan lainya : 3 Alasan Sunscreen Penting untuk Kesehatan Kulit

Selain aman, menggunakan kosmetik halal itu penting sebab hal tersebut merupakan benda yang digunakan sehari- hari dan melekat pada kulit wajah. Jika mengutip wakil direktur LPPOM MUI, Muti Arintawati mengatakan makeup merupakan sesuatu yang melekat pada kulit kita seharian, jika kita tidak memperhatikan bahan kosmetik maka ketika melakukan ibadah shalat menjadi tidak sah karena ada najis yang menempel di tubuh. 

 

Ketika hendak melakukan ibadah sholat kita wajib berwudhu dengan sempurna dalam mensucikan agar shalat kita sah. Diantara keutamaan berwudhu adalah wudhu bisa mensucikan orang yang wudhu dari kesalahan dan dosa,serta membersihkan anggota tubuh yang dibasuhnya dari kotoran-kotoran yang menempel. Seperti hadist riwayat muslim menyebutkan, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:”Barang siapa berwudhu dan membaguskan wudhunya (menyempurnakan wudhu dengan memperhatikan fardhu dan sunah-sunahnya),maka keluarlah dosa-dosa dari jasadnya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya”.

 

  1. Wardah salah satu brand kosmetik Indonesia yang menjadi pelopor kosmetik halal di Indonesia. produk ini sudah berdiri sejak tahun 1998 dan menjadi produk kecantikan halal yang terpercaya bagi wanita Indonesia.
  2. Zoya Kosmetik selain dikenal oleh produk fashion-nya zoya memiliki sederet koleksi produk makeup dengan label halal loh teman Halped!
  3. By Lizzie Parra (BLP) merupakan line kosmetik yang diluncurkan oleh beauty influencer, lizzie. sejak 2019 produk kosmetik ini sudah terdaftar halal MUI aman digunakan para muslimah.
  4. Esqa kosmetik atau yang kita kenal sebagai produk kosmetik vegan berdiri sejak 2016  juga telah terdaftar pada halal MUI!
  5. Ebright skin, siap ayang sudah pernah menggunakan produk lokal yang super satu ini? brand kecantikan asal Bandung ternama Ebright skin memiliki daftar kosmetik yang aman bagi kulit bahkan ibu hamil. gak perlu takut, Ebright skin juga telah tersertifikasi halal!
  6. Eleanore kosmetik lokal yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang aman, halal dan tetap ramah di kantong pastinya!
  7. Mineral botanica produk aman yang tidak mengandung zat berbahaya seperti mercury, hydroquinone, dan beta arbuty. produk ini telah terdaftar kehalalannya sejak tahun 2016 di halal MUI!
  8. Hanasui jika dilihat namanya mirip dengan produk kosmetik Jepang, namun sesungguhnya Hanasui adalah produk lokal Indonesia. Produk ini juga sudah memiliki sertifikasi halal MUI, jangan terkecoh ya teman Halped Hanasui produk Indonesia yang halal kok!
  9. Emina Cosmetic merupakan produk kosmetik remaja yang terkenal. Produk yang dikenal dengan warnanya yang energik dan cocok untuk remaja ini tidak perlu diragukan  lagi kehalalannya.
  10. Rollover Reaction salah satu brand lokal yang juga telah memiliki sertifikat Halal MUI. Brand ini berdiri sejak 2016 tetap berinovasi hingga sekarang, kalian harus coba produknya ya!

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.