Siwak Sebagai Sikat Gigi

Siwak Sebagai Sikat gigi

Siwak adalah alat yang digunakan untuk sikat gigi alami dan telah dipakai sejak 7.000 tahun yang lalu. Siwak berasal dari batang pohon arak (salvadora persica) atau sering disebut pohon sikat gigi mempunyai khasiat sama bahkan lebih dibandingkan dengan sikat gigi yang kita gunakan sekarang. 

WHO dan Organisasi Kesehatan Dunia ikut merekomendasikan siwak untuk menggunakan batang pohon ini sebagai cara untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi dari tahun 1987. Kampanye untuk menggunakan siwak masih terus digencarkan sebagai alternatif cara menjaga kesehatan mulut dan gigi di negara yang tergolong berpendapatan rendah. Hal tersebut dikarenakan siwak sebagai sikat gigi memiliki berbagai manfaat dengan menggunakannya. 

Manfaat Siwak Sebagai Sikat Gigi

Terdapat kandungan alami yang ada di dalamnya dipercayai dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kandungan yang ada di dalamnya adalah alkaloid, sodium bikarbonat, silika, chloride, dan fluoride. Selain itu terdapat vitamin C, kalsium, essential oil, sulfur, dan tannin. Nah ada juga beberapa manfaat yang didapatkan dari menggunakan siwak yaitu sebagai berikut:

  • Mempertahankan warna gigi asli

Masyarakat Indonesia pada umumnya sering mengkonsumsi kopi atau teh, ataupun kebiasaan merokok yang menyebabkan gigi menguning. Walaupun hal tersebut sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat Indonesia, tetapi dengan menggunakan siwak yang memiliki kandungan silika. Kandungan tersebut dapat menghilangkan noda serta mempertahankan warna gigi alami.

  • Mencegah gigi berlubang

Sekarang-sekarang ini banyak orang yang mengonsumsi makanan serba manis. Hal tersebut membuat mereka yang mengkonsumsi makanan manis memiliki masalah gigi berlubang. Apabila tidak dibersihkan dengan baik, maka sisa-sisa makanan dapat menyebabkan gigi keropos dan berlubang. Nah, siwak dapat mencegah gigi kamu dapat berlubang, karena siwak dapat memperkuat lapisan enamel dengan kandungan sodium klorida, sodium bikarbonat, dan kalsium.

  • Merawat kekuatan gigi

Siwak dipercaya dapat merawat kekuatan dari gigi kita. Adanya essential oil di dalamnya dan cara penggunaannya yang harus dikunyah dahulu agar meningkatkan produksi air liur. Air liur akan dapat membantu menjaga keseimbangan pH di rongga mulut. Siwak juga dapat menghambat terjadinya pengeroposan gigi.

  • Mencegah bau mulut

Siwak memiliki manfaat untuk menghilangkan bau mulut. Hal ini dikarenakan batang dari siwak memiliki kandungan zat antibakteri alami yang dapat menghambat pertumbuhan dari kuman penyebab dari bau mulut. Umumnya produk perawatan yang menghilangkan bau mulut terbuat dari bahan dasar siwak yang dikombinasikan dengan daun mint.

  • Mencegah terbentuknya plak gigi

Plak pada gigi sangat mudah terbentuk apabila kalian malas menyikat gigi loh! Sisa makanan yang menempel di permukaan maupun sela-sela gigi akan menumpuk dan menghasilkan plak yang dapat merusak gigi. Maka dari itu kalian bisa membersihkan gigi kalian dengan siwak. Kandungan silika yang dapat mencegah pembentukan plak gigi dan dapat menghilangkan noda kuning pada gigi.

  • Melindungi gusi

Siwak dapat membersihkan gigi yang membuat gusi kalian terlindungi loh. Hal itu dikarenakan siwak dapat mencegah pembentukan plak dan pertumbuhan bakteri di antara sela gigi dan gusi yang membuat resiko terjadinya radang gusi menurun.

Baca Juga: Hukum Lip Tint Dalam Islam

Siwak Dalam Islam

Bersiwak menjadi salah satu sunnah yang disukai dan sering dilakukan oleh Rasulullah SAW. Dari Hadits Riwayat Bukhari mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda “Apabila bukan karena untuk memberatkan umatku, maka akan aku perintahkan mereka bersiwak setiap akan melaksanakan wudhu.”

Cara Menggunakan Siwak

  1. Kunyah ujung batang siwak sampai melepaskan lapisan luar
  2. Kunyah lagi sampai basah dan lembut
  3. Rendam ujung siwak ke dalam air yang bersih
  4. Genggam siwak dan sikatlah gigi dan gusi kalian
  5. Potong bagian siwak yang sudah tidak bisa digunakan kembali

Nah itu dia sedikit penjelasan untuk siwak. Apabila teman Halped ingin memiliki siwak sebagai sikat gigi bisa langsung cek disini!

SIWAK

Selain itu ada juga loh, produk dari pasta gigi pepsodent yang terbuat dari siwak loh. Cek disini yah!!!

Pepsodent Siwak

Leave a Reply

Your email address will not be published.