Tips & Trick Untuk Interview Kerja

Tips & TRICK INTERVIEW KERJA

Interview kerja adalah salah satu tahapan untuk melamar pekerjaan. Kegiatan ini menjadi faktor utama untuk HRD mempertimbangkan kamu apakah layak untuk diterima atau tidak. HRD akan melemparkan pertanyaan saat untuk mengetahui orang seperti apakah kamu? sejauh mana kamu mengetahui tentang perusahaan? pengalaman apa saja yang kamu miliki? apakah kamu memiliki kriteria yang dibutuhkan perusahaan? dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang dibutuhkan untuk menggali kebutuhan informasi perusahaan. Nah berikut tips & trick untuk interview kerja yang dapat kalian aplikasikan nih.

  • Pertama yang harus dilakukan saat akan melaksanakan interview kerja adalah kamu harus berpenampilan rapi dan sopan untuk bertemu dengan HRD, kami sarankan kalian memakai kemeja putih, celana hitam dan sepatu pantofel, apabila tidak ada ketentuan pakaian yang diberikan perusahaan. Kenapa sih harus berpenampilan dengan baik? Nah jawabannya adalah penampilan dapat mencerminkan kepribadian seperti apa yang kamu miliki dan HRD akan memandang kamu memiliki pandangan positif serta sikap profesional.
  • Kedua, kamu harus datang tepat waktu dan jangan sampai terlambat sesuai jadwal yang telah ditentukan. Dengan begitu kamu akan terlihat memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab di mata HRD.
  • Ketiga, kamu harus menggunakan bahasa yang baik dan menjawab sesuai fakta yang ada. Selain itu kamu perlu menjawab pertanyaan dengan jelas, singkat, dan padat. Nah dengan begitu, HRD akan mendapatkan informasi yang cukup untuk mempertimbangkan apakah kamu sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan. 
  • Keempat, setelah pertanyaan diajukan kepada kamu, biasanya HRD akan bertanya “apakah saudara/i memiliki pertanyaan? Nah pada moment itu tanya lah hal-hal yang kamu ingin tahu tentang perusahaan, seperti contohnya, bagaimana culture perusahaan disini? kapan pemberitahuan selanjutnya diberikan? dan pertanyaan-pertanyaan lain seputar perusahaan dan pekerjaan kamu. Ingat juga yah, jangan sampai menanyakan pertanyaan-pertanyaan pribadi atau hal lain yang tidak relevan.

Nah dengan melaksanakan semua tips & trick interview kerja ini, mimin yakin HRD akan melihat kamu memiliki perilaku profesional dan kemungkinan kamu diterima akan semakin besar. Yuk tetap semangat buat kalian yang masih nyari pekerjaan atau kalian yang sebentar lagi akan terjun di dunia kerja. Tunggu tips & trick lainnya dari kami yahh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.